Have A Nice Day

Free Music Online
Free Music Online

free music at divine-music.info

Sabtu, 27 April 2013

MAZHAB MANAJEMEN SISTEM


BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Setiap organisasi memiliki aktivitas-aktivitas pekerjaan tertentu dalam rangka mencapai tujuan organisasi. Dalam organisasi bisnis dikenal antara lain manajemen pengangkutan dan pengiriman, manajemen pembelian dan gudang, manajemen perencanaan, manajemen operasi, dan sebagainya. Dalam manajemen pendidikan macam-macam manajemen seperti itu tidak dikenal melainkan hanya ada satu jenis manajemen bertingkat ialah manajemen tertinggi sampai dengan manajemen terdepan.
Dalam pandangan ajaran Islam, segala sesuatu harus dilakukan secara rapi, benar, tertib dan teratur, sebagaimana sabda Rasulullah:
“Sesungguhnya Allah sangat mencintai orang yang jika melakukan pekerjaan secara itqan (tepat,terarah, jelas dan tuntas”.
Dari hadits tersebut menjelaskan bahwa manajemen sangatlah penting dan di dalam ajaran islam pun menganjurkan agar manusia selalu memanajemen/ mengelola apapun dalam kehidupannya secara rapi, benar, tertib dan teratur, baik dalam individu maupun dalam suatu kelompok/Organisasi.
Proses-proses manajemen pada dasarnya adalah perencanaan segala sesuatu secara mantap  untuk melahirkan keyakinan yang melakukan sesuatu pekerjaan sesuai dengan aturan dan memiliki manfaat bagi suatu individu maupun kelompok/organisasi.
Manajemen sebagai ilmu dan seni,pada umumnya para manajer efektif menggunakan pendekatan ilmiah dalam pembuatan keputusan,apalagi dengan berkembangnya peralatan komputer.
Dalam berbagai aspek seperti perencanaan,kepemimpinan,komunikasi dan segala sesuatu yang menyangkut unsur manusia,bagaimanapun manajer harus juga menggunakan pendekatan artistik(seni).
Manajemen dibutuhkan agar kelompok dapat mencapai tujuannya secara berdaya guna dan berhasil guna.

                                                                       

1.2. Rumusan Masalah.
1.      Pengertian Mazhab Manajemen Sistem
2.      Bagaimana Mazhab Manajemen Sistem di gunakan.
3.      Pendapat para penulis mengenai Mazhab Manajemen Sistem.
4.      Langkah – langkah dalam Mazhab Manajemen Sistem sebelum memutuskan masalah.
5.      Macam – Macam Mazhab dalam Manajemen.



                                                                       

BAB II
PEMBAHASAN

2. 1   Pengertian Mazhab Manajemen Sistem
Mazhab Manajemen Sistem merupakan : Sebuah system yang dapat dianggap sebagai suatu keseluruhan yang terorganisasi yang terdiri dari bagian-bagian yang berhubungan dengan cara tertentu dan yang ditujukan kearah tujuan tertentu.
Analisa mengungkapkan bahwa sebuah aktivitas sebenarnya merupakan hasil banyak sub-aktivitas lain dan sebaliknya, sub-aktivitas tersebut merupakan hasil banyak sub-sub aktivitas lainnya.
Sebuah perusahaan dianggap sebagai sebuah system buatan, dimana bagian-bagian internnya bekerjasama untuk mencapai tujuan-tujuan yang sudah ditetapkan, sedangkan bagian-bagian ekstern berhubungan dengan lingkungannya, inklusif para pembelinya, public secara umum, para leveransir dan pihak pemerintah.

2. 2  Mazhab manajemen Sistem di gunakan.
Mazhab manajemen Sistem sangat cocok di gunakan untuk pekerjaan teknis seperti proyek-proyek.  Rencana dimasuk kan  secara  integratif  :  Unsur-unsur  kegiatan  teknis,  kegiatan  pengang-
garan,  pembiayaan,  dan  penggunaan  waktu.    Gambar  teknik,  bestek,
anggaran,  serta  syarat-syaratnya  kemudian  oleh  pelaksana  dibuatkan
rencana skema menyeluruh.
Masalah ini menekankan sistem – sistem. Sistem ini dianggap sebagai suatu keseluruhan yang terorganisasi, yang terdiri dari bagian – bagian yang berhubungan satu sama lain.

2. 3  Pendapat Para Penulis
Menurut para penulis Mazhab Manajemen sistem ini sangat baik untuk di laksanakan,karena mendorong pelaki – pelaku manajemen untuk selalu berpikir mencari kreasi – kreasi sistem yang paling baik dan canggih.
Karena dengan penerapan sistem yang terbaik dan tercanggih diharapkan memperoleh hasil yang paling optimal. Sistem adalah suatu rangkaian tata kerja dan prosedur kerja yang kemudian membentuk suatu kebetulan yang teratur dalam rangka melaksanakan suatu bidang pekerjaan.
2. 4  Langkah – Langkah yang dilakukan sebelum Memutuskan Masalah
Langkah-langkahnya adalah :
  1. Identifikasi dan rumuskan apa yang dihadapi.
  2. Kumpulkan data sementara dan bahan keterangan yang tersedia.
  3. Susun rencana dan ide pemecahan sementara.
  4. Adakan revisi atas rencana atau ide pemecahan masalah berdasarkan apa yang telah diperoleh selama eksperimen serta keterangan baru yang diperoleh.
  5. Susun lagi rencana atau ide yang bersifat semi final.
  6. Susun rencana atau ide pemecahan final untuk direkomendasikan atau diputuskan.


2. 5  Macam – macam Mazhab dalam Manajemen

Ada 9 mazhab dalam manajemen, yaitu:
a.       Mazhab manemen berdasarkan kebiasaan
b.      Mazhab manajemen ilmiah.
c.       Mazhab perilaku.
d.      Mazhab sosial.
e.       Mazhab manajemen system.
f.       Mazhab mmanajemen berdasarkan keputusan.
g.      Mazhab manajemen kuantitatif.
h.      Mazhab proses manjemen.
i.        Mazhab manajemen menurut keadaan.







BAB III
PENUTUP
3. 1       Kesimpulan
Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa, manajemen adalah sebuah proses yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian dan pengawasan serta evaluasi yang dilakukan oleh pengelola/manajer dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan bersama dengan memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya. Dan tujuan  manajemen yaitu memanfaatkan sumber daya dan sumber daya yang lain untuk mencapai tujuan yang diinginkan secara efisien dan efektif.


3. 2       Saran
Dalam pengambilan keputusan yang dilakukan oleh pemerintah dan pihak-pihak yang terkait seharusnya menganalisis terlebih dahulu dampak yang akan terjadi di masyarakat.















MAKALAH
DASAR – DASAR MANAJEMEN
TENTANG
MAZHAB MANAJEMEN SISTEM













NAMA-NAMA KELOMPOK 9 :
1.      DANI                                      (2011110015)
2.      DARIUS TIUS                       (2011110016)
3.      REMI                                      (2011110051)
4.      MENSIANA YUDIT UN      (2011110043)

PROGRAM STUDI AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI
MALANG
2012


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar